Kamis, 25 September 2014

10 Manfaat Daun Bayam bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat daun bayam bagi kesehatan - Bayam adalah tanaman yang sangat digemari oleh siapa saja. Kandungan nutrisi yang banyak didalam bayam menjadikan sayuran ini bagus dikonsumsi untuk kesehatan, bahkan memapu memberikan kekuatan dan energi bagi seseorang. Kalau anda pernah menonton film Popeye yang gemar mengkonsumsi bayam demi kekuatan supernya.

Bayam sebenarnya mempunyai dua macam yaitu bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik mempunya umur lebih lama dan daunnya lebih lebar dibandingkan dengan bayam cabut. Daun bayam petik bagus dijaikan berbagai masakan yang berbau sambal seperti urap, gado-gado, lalapan dan lain-lain. Sementara bayam cabut mempunyai umur yang lebih pendek dan daunnya lebih kecil. Bayam cabut dikatakan demikian karena cara penannya dengan cara mencabut dari akarnya. Bayam cabut biasa dijadikan sebagai sayuran bening, sup bubur. Disamping sebagai manfaat makanan, bayam juga mengandung banyak manfaat lainnya untuk kesehatan yaitu:
Manfaat Daun Bayam bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

1. Merangsang pertumbuhan anak
Bayam sangat bagus dikonsumsi bayam, terutama bagi anak-anak, karena kandungan zat besi dalam bayam berguna untuk mestimulasi pertumbuhan anak remaja atau balita.

2. Menjaga pencernaan
Sayuran bayam mengandung vitamin C dan beta karote yang sangat bagus untuk menjaga sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas.

3. Menyehatkan otak
Mengkosnumsi daun bayam juga bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan otak. Kandungan vitamin K dalam bayam menjadi penjaga bagi sistem saraf otak dan sintesis Sphingolipids.

4. Menjaga kesehatan kulit
Bayam bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin A dalam bayam akan memainkan peran ini. Dengan mengkonsumsi banyak bayam, maka kulit akan sehat, lembab dan selalu nampak bersinar dan kencang.

5. Menjaga kesehatan tulang
Bayam bisa menjaga kepadatan tulang sehingga tidak terjadi osteoporosis. Dalam satu cangkir bayam mengandungan 1000% AKG vitamin K yang berguna untuk mencegah kerusakan sel-sel tulang.

6. Menyehatkan mata
Bayam mengandung sejumlah anti-oksidan yang bagus dalam melindungi mata dari efek buruk sinar ultraviolet dan dari masalah katarak yang terjadi gara-gara usia bertambah.

7. Menurunkan tekanan darah
Dalam bayam mengandung zat yang disebut dengan Angiotensin dan Peptida. Zat ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Manfaat bayam untuk diet
Bagi yang sedang menjalankan program diet bisa mencoba mengkonsumsi bayam. Bayam bisa sangat bagus bagi pencernaan. Satu gelas bayam mengandung 20% dari RDA serat makanan yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah terjadinya sembelit, mengontrol gula darah tetap rendah.

9. Mencegah kanker
Bayam adalah sumber Flavonoid yang melimpah, ini adalah sebuah phytonutrisi yang melambatkan pembelahan sel pada perut dan sel kanker. Mengkonsumsi bayam juga bermanfaat untuk menjauhkan diri dari kanker prostat agresif.

10. Anti inflamasi
Neoxanthin dan Violaxanthin adalah dua zat dalam bayam yang berpengaruh besar bagi peradangan. Karena kedua zat ini mengontrol dan mengatur proses peradangan dalam tubuh.

Baca; Manfaat bayam duri bagi kesehatan
Disqus Comments