Jumat, 09 Januari 2015

Manfaat Daun Pegagan bagi Kesehatan

Manfaat daun pegagan bagi kesehatan - Daun pegagan sering tumbuh di daerah lembab seperti pematang sawah, daun ini memiliki aneka khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Daun pegagan atau yang disebut dengan daun tapak kuda memiliki rasa agak manis dan menyejukkan. Manfaat daun pegagan bisa untuk anti-infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni.

Karena manfaat daun pegagan bagi kesehatan kian besar, maka daun ini sering dicari oleh kebanyakan orang untuk dijadikan sebagai bahan ramuan obat-obatan. Dibalik manfaatnya yang demikian besar, ternyata daun pegagan mengandung sekian banyak kandungan kimia, sebut saja asiaticoside, centellose, carotenoids, thankuniside, isothankuniside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, madecassoside, brahmoside, meso-inositol, garam-garam mineral seperti garam kalium, kalsium, besi, vellarine dan zat samak, natrium, magnesium. Berikut Manfaat daun pegagan yang harus anda ketahui
Manfaat Daun Pegagan bagi Kesehatan

Aneka Manfaat Daun Pegagan bagi Kesehatan

1. Mengobati darah tinggi
Salah satu manfaat daun pegagan yang sering diperlukan adalah mengobati darah tinggi. Dengan kemampuan untuk menstabilkan tekanan darah, maka daun pegagan serasa penting untuk ditanam. Cara mengobati darah tinggi dengan daun pegagan adalah dengan merebusnya.

Ambil 20 lembar daun pegagan dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas, biarkan hingga air tersisa hingga ¾. Kemudian airnya diminum 3 kali salam sehari, masing-masing ¾ gelas.

2. Mengobati demam
Manfaat daun pegagan untuk menyembuhkan demam. Daun sawah ini juga bermanfaat untuk meredakan demam yang menyerang. Ambil satu genggam daun pegagan dan tumbuk hingga halus, selanjutnya beri sedikit air dan garam, saring dan minum di pagi buta sebelum mengkonsumsi makanan lain.

3. Daun pegagan mengobati wasir
Wasir adalah jenis penyakti yang sangat mengganggu BAB, kekurangan mengkonsumsi serat menjadi penyebab utama dari penyakit wasir atau hemorrhoid. Bagi anda yang mengalami penyakit ini tidak perlu takut, anda bisa mengobatinya dengan daun pegagan.

Cara membuat ramuan untuk wasir adalah dengan mengambil 4-5 batang pegagan beserta akar-akarnya. Rebus dengan air 2 gelas hingga mendidih dan minum setiap hari.

4. Mengobati mimisan, batuk darah, muntah darah
Manfaat daun pegagan bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa mengobati penyakti berkaitan dengan kerongkongan, seperti batuk berdarah. Untuk mengobati penyakit ini, ambil 60 gram daun pegagan dan rebus atau peras hingga keluar airnya. Minumkan airnya

5. Mengobati mata merah, bengkak
Bagi anda yang memiliki mata merah dan bengkak anda bisa juga menggunakan daun pegagan. Manfaat daun pegagan bagi kesehatan mata didapatkan dengan cara meneteskan air perasan daun pegagan kedalam mata seperti anda menggunakan rhoto.

Remas atau lumatkan daun pegagan hingga keluar airnya, teteskan pada mata sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Demikianlah manfaat daun pegagan bagi kesehatan semoga dengan adanya info ini anda bisa memanfaat daun yang sering dijumpai di area persawahan ini sebagai ramuan tradisional dalam mengobati aneka penyakit.

Baca juga manfaat daun binahong dan manfaat rumput gajah.
Disqus Comments