Kamis, 25 September 2014

Manfaat Dahsyat dari Bayam Duri untuk Kesehatan

Manfaat bayam duri bagi kesehatan - Bayam duri adalah tanaman dengan nama latin Amaranthus Spinosios dan mempunyai keserupaan dengan bayam biasa pada umumnya. Namun daun bayam duri lebih kasar dan kecil-kecil dibandingkan bayam sayuran. Bayam duri tumbuh secara liar dipekarangan atau dihalaman-halaman sekolah. Banyak orang menganggap sebelah mata dan bahkan memusuhi bayam duri karena bayam duri sering membuat telapak kaki seseorang tertusuk ketika berjalan.

Padahal secara medis bayam duri mempunyai manfaat kesehatan didalamnya. Ada banyak masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan bayam duri. Salah bagian yang bermanfaat dari bayam duri adalah akarnya. Penyakit yang bisa diobati dengan bayam duri seperi bisul yang keras, wasir (hemorhoid), ekzema, gusi bengkak, malancarkan pengeluaran ASI, demam, kutil, luka bakar dan digigit ular berbisa.
Manfaat Bayam Duri untuk Kesehatan
Manfaat bayam duri bagi kesehatan ini tidak terlepas dari kandungan kimia yang dikandungnya. Menurut penelitian yang dilakukan bahwa dalam tanaman berduri ini mengandung amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfta, zat besi, serta vitamin A, vitamin A, Vitamin K dan B6. Berikut kita jelaskan lebih jelas tentang khasiat dan manfaat bayam duri.

Manfaat dan Khasiat Bayam Duri bagi Kesehatan

1. Mengobati disentri
Untuk mengobati disentri, anda bisa menggunakan daun bayam duri. Caranya yaitu dengan mengambil akar bayam duri 30 gram daun bayam, 15 gram gula aren, dan air sebanyak 1 gelas. Rebus bahan ini hingga ari tersisa ½ gelas, dan minum sekaligus sebelum maka. Lakukan dua kali dalam sehari.

2. Mengatasi masalah keputihan
Bagi wanita yang keputihan juga bermanfaat. Caranya yaitu dengan mengambil akar bayam duri sebanyak 40 gram dan dipotong-potong, tambahkan gula batu sebesar biji kelereng, dan masak dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Diamkan hingga dingin dan saring. Kemudian bagi sama dan minum pagi dan sore.

3. Mengobati sakit tenggorokan
Manfaat bayam duri lainnya yaitu untuk mengobati penyakit pada tenggorokan. caranya yaitu dengan memanfaatkan akar bayam duri sebanyak 45 gram dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tinggal 1 gelas saja. Ambil dan bagikan menjadi dua bagian. Minum dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

4. Mengobati sakit gigi
Bagi yang merasa menderita dengan penyakit gigi, bisa mencoba dengan akar bayam duri. Untuk mengatasi masalah ini sangat mudah sekali. Anda hanya dibutuhkan untuk mengunyah akar bayam duri beberapa kali dalam sehari.

5. Mengobati kencing nanah
Kencing adalah penyakit yang mengerikan, karena terjadi pada area penting manusia. Maka harus segera di atasi. Sebagaimana yang dikutip dari sindonews.co.id bahwa kencing nanah bisa disembuhkan dengan air rebusan akar bayam duri.

Demikianlah beberapa manfaat akar bayam duri bagi kesehatan, Semoga menambahkan info bagi anda untuk menyelesaikan berbagai masalah kesehatan anda. Sekian
Disqus Comments