Sabtu, 20 September 2014

5 Manfaat Daun Bayam untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Bayam untuk Kesehatan Tubuh - Daun bayam adalah sayuran yang banyak diminati karena kelezatannya, apalagi kalau daun bayam ini di masak bersama dengan mie goreng. Daun bayam bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti mampu menaikkan tekanan darah rendah, menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan dan masih banyak lagi manfaat kesehatan dari daun bayam.

Daun bayam mudah diperdpatkan dimana-mana seperti dipasar tradisonal, atau di pasar sayuran. Manfaat daun bayam bagi kesehatan bisa dirasakan dengan cepat seperti untuk melancarkan pencernaan atau BAB, dan meingkatkan darah rendah. Harga daun bayam yang relatif murah dipasaran hendaknya menjadi angin segar bagi kita untuk mengkonsumsi sayuran bayam dengan baik dan teratur, terutama dipagi hari sebagai menu sarpaan pagi.
Manfaat Daun Bayam untuk Kesehatan
Berikut kami ulas beberapa manfaat daun bayam untuk kesehatan tubuh sebagaimana yang dikutip dari berbagai sumber.

Manfaat Daun Bayam Bagi Tubuh

1. Menaikkan darah rendah
Untuk menaikkan tekanan darah rendah, daun bayam bisa menjadi solusi. Caranya yaitu dengan mengambil 3 genggam daun bayam yang segar dan kemudian ditumbuk hingga halus, selanjutnya disaring dengan satu gelas air hangat, dan airnya diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Cara lain menaikkan tekanan darah rendah dengan daun bayam adalah:
Sipakan daun bayam 250 gram, gula aren 10 gram, asam kawak 5 gram, bawang merah 50 gram, lada 10 gram, lombok 15 gram, garam dapur 7 gram.

Cara membuatnya:
Ambil daun bayam dan rebus hingga setengah lunak (jangan sampai terlalu halus), sementara bahan-bahan lainnya di ulek atau ditumbuk jadi satu seperti sambal. Nah, setelah itu ambil daun bayam rebus dan dimakan dengan sambal tersebut setiap makan nasi.

2. Manfaat daun bayam untuk mata
Daun bayam sangat bagus untuk kesehatan mata, karena daun ini mengandung lutein dan zeaxanthin, ini adalah zat yang melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula.

3. Bayam bermanfaat sebagai anti-inflami
Neoxanthin dan violaxanthin adalah dua anti-inflamasi epoxyxanthophylls yang berperan penting dalam mengatur peradangan dan jumlah sangat banyak dalam sayuran bayam.

4. Sumber anti oksidan
Sayuran bayam mengandung banyak zat nutrisi seperti Vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng dan selenium. Semua ini adalah anti oksidan penting yang berfungsi untuk memerangi terjadinya osteoporosis, aterosklerosis dan tekanan darah tinggi.

5. Manfaat bayam bagi kulit
Kulit manusia juga membutuhkan vitamin A seperti dalam Bayam. Vitamin A dalam bayam bermanfaat untuk mempromosikan kulit menjadi lebih indah dan segar. Memungkinkan retensi kelembaban yang tepat di epidermis, sehingga memerangi psoriasis, keratinisasi, jerawat dan bahkan kulit keriput sekalipun.

Dengan mengetahui manfaat daun bayam bagi kesehatan tubuh, hendaknya kita mau mengkonsumsi sayuran ini dengan baik dan teratur. Sebagaimana yang telah dijelaskan pada awal penjelasan di atas.
Disqus Comments