Rabu, 01 Oktober 2014

Manfaat Daun Pepaya untuk Budidaya Lele

Manfaat daun pepaya untuk budidaya lele - Daun pepaya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan manusia saja, namun juga bermanfaat untuk kesehatan ikan lele. Ikan lele sangat membutuhkan ph air yang stabil. Sementara pohon pepaya adalah salah satu cara mengstabilkan ph air dalam kolam ikan lele. Yang bermanfaat untuk ikan lele adalah pohon pepaya dan daun pepaya. Pohon pepaya bisa menjadi obat herbal bagi ikan lele yang stress atau sakit.

Ikan lele stres atau sakit biasanya ketika ph air kolam berubah. Ini terjadi biasanya pada kolam ikan yang terbuka, ketika musim hujan air hujan yang masuk akan membuat ikan merasa ada perubahan habitatnya sehingga kebanyakan ikan stres dan sering naik ke atas. Ketika kondisi kolam seperti ini maka perlu di antisipasi dengan memasukkan pohon pepaya. Ketika pohon pepaya dimasukkan kedalam kolam, maka lumut akan tumbuh dengan sendirinya dan akan dimakan oleh ikan lele. lumut inilah yang akan berfungsi sebagai obat herbal bagi ikan lele.

Manfaat Daun Pepaya untuk Budidaya Lele
Daun pepaya untuk budidaya ikan lele
Manfaat pepaya dalam budidaya ikan lele juga bisa dilihat ketika ikan baru dimasukkan kedalam kolam, biasanya mengalami stres atau pening. Ini bisa di atasi dengan memberikan daun pepaya.

Manfaat Daun Pepaya untuk Budidaya Lele
Kolam terpal tempat budidaya ikan lele

Manfaat Daun Pepaya untuk Budidaya Lele

Nah, bagi anda pembudidaya lele, salah satu tanaman yang serba guna bagi ika lele adalah Pohon pepaya, berguna mulai dari daunnya hingga pohonnya. Berikut kita lihat kegunaan dari pohon pepaya dan daun pepaya untuk budidaya ikan lele.

1. Daun pepaya bisa menjadi obat stres ikan lele yang baru dibeli atau dimasukkan kedalam kolam pembenihan atau penenbaran.

2. Daun pepaya sebagai obat bagi ikan lele agar slow dan tenang dalam kolam. Caranya yaitu rajang halus daun pepaya hingga mengeluarkan airnya dan tebarkan dalam kolam sebagai pakan ikan lele.

3. Menghilangkan sifat kanibalisme sesama lele. Manfaat daun pepaya bagi lele juga bisa untuk menghilangkan sifat menyerang satu sama lain atau sifat kanibalismenya. Caranya yaitu dengan mencincang halus daun pepaya dan masukkan sedikit tetesan tebu/Molase, aduk merata dan diamkan selama 15 menit, baru diberikan kepada ikan lele.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh ikan lele. Daun pepaya juga bagus sebagai pakan alami yang mampu menambah daya tahan tubuh atau imunitas pada ikan lele. Caranya bisa di cincang lalu dimasukkan kekolam atau bisa langsung di lempar kekolam.

5. Daun pepaya bermanfaat untuk sterilisasi air kolam dari penyakit. Daun pepaya juga mempunyai manfaat lain yaitu membebaskan kolam ikan dari penyakit. Caranya mudah saja, ambil daun pepaya dan tangkainya, tumbuh halus atau rajang hingga hancur, kemudian tebarkan keseluruh kolam ikan lele. Perbadingannya adalah 1 genggam untuk 1 meter persegi. Maka kolam ikan lele akan bebas dari penyakit ikan.

Cara lain untuk menjaga kesehatan ikan lele selain menggunakan pepaya adalah bisa menggunana bogol pisang. Namun dalam penggunaannya harus diperhaitkan agar tidak terlalu banyak. Terlalu banyak bogol pisang malah berbahaya bagi ikan lele. Demikianlan manfaat daun pepaya untuk budidaya ikan lele. Demikian juga manfaat dari pohon pepayanya.
Disqus Comments