Rabu, 08 Oktober 2014

Manfaat Alang-Alang bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat alang-alang bagi kesehatan tubuh - Alang-alang adalah jenis rumput yang hidup bebas di alam, biasanya tumbuh di daerah perbukitan dan mempunyai ciri-ciri berdaun panjang dan tajam. Dalam bahasa latin disebut dengan Imperata cylindrica. Alang alang biasanya menjadi tanaman pengganggu atau gulma pada lahan pertanian.

Walaupun sering di anggap sebagai tanaman musuh bagi petani, tetapi alang-alang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, itulah sebabnya banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Ada sangat banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan alang-alang diantaranya adalah: asma, diare, hipertensi akibat sakit ginjal, kencing batu, keputihan, melancarkan air seni, mimisan, hepatitis, prostat dan radang paru-paru.
Manfaat Alang-Alang bagi Kesehatan

Manfaat Alang-Alang bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengobati asma
Alang-alang ternyata mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit asma. Caranya yaitu 100 gram akar alang-alang, 25 gram kencur, 25 gram daun sirih, selanjutnya rebus ramuan ini dengan 1 liter air hingga airnya tinggal setengah. Kemudian disaring dan masukkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh air jeruk nipis. Air ini diminum sekaligus sebelum tidur malam.

2. Mengobati diare
Manfaat alang-alang untuk mengobati diare adalah dengan memanfaatkan akarnya. Ambil 250 gram akar alang-alang, kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas, rebus hingga 15 menit. Kemudian minum segera setelah anda buang air besar.

3. Mengobati hipertensi akibat ginjal
Siapkan 200 gram akar alang-alang, sipakan juga tangkue (manisan dibuat dari labu putih), rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah, dinginkan, saring, dan minum 2 kali dalam sehari.

4. Mengobati kencing batu
Manfaat alang-alang untuk mengobati kencing batu adalah dengan mengambil 100 gram akar alang-alang, 1/2 genggam daun meniran, 1/2 genggam daun kumis kucing, rebus denga 5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, kemudian dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas sampai batu keluar.

5. Obat Keputihan
Untuk mengatasi keputihan anda bisa juga memanfaatkan alang-alang. Ambil 500 gram akar alang-alang, 2 tangkai daun pepaya, 5 gram pulasari, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa setengah, saring, untuk diminum 2 kali sehari.

6. Melancarkan Air Seni
Ambil 250 gram akar alang-alang, gula batu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit, dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

7. Obat Mimisan dan hepatitis
Manfaat alang-alang untuk mengobati hepatitis dan mimisan adalah dengan menyiapkan 200 gram akar alang-alang yang dicuci, rebus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas, dinginkan, saring dan diminum 3 kali sehari.

Itulah beberapa manfaat alang alang untuk kesehatan tubuh. Disamping manfaat di atas, alang alang juga bermanfaat untuk mengobati radang paru-paru. Caranya yaitu dengan mencampur 500 gram akar alang-alang, 5 helai daun sembung, 10 kuntum bunga melati kering, garam, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa setengah, kemudian saring. Minum ramuan ini 2 kali dalam sehari.

Baca juga khasiat rumput TEKI
Disqus Comments