Jumat, 17 Oktober 2014

Fakta Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan

Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan - Daun sirih (Piper betle) adalah daun dari tanaman yang hidup merambat dan bersandar pada pohon lain, biasanya sirih di tanam pada perdu pohon kedongdong sehingga ujung tanamannya akan terus menjalar mengikuti pohon kedongdong. Tanaman sirih adalah asli berasal dari Indonesia dan sering kali sirih dijadikan makanan oleh orang tua yang dimakan bersama gambir, kapur sirih, dan pinang. Tidak hanya itu, sirih juga telah menjadi makanan penting dalam menyambut tamu di daerah rumpun Melayu.
Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan

Ciri-Ciri Tanaman Sirih

Tanaman sirih berbentuk bulat dengan warna hijau kecoklatan dan beruas-ruas. Pada setiap ruas batang keluar akar-akrnya yang akan mengikat dirinya pada pohon tumpangannya. Sirih memiliki daun yang runcing dibagian ujungnya seperti jantung dengan panjang 5-8 cm dan lebar 4-5 cm. Daun sirih tumbuh tunggal pada padang sirih dan berselang seling dengan daun selanjutnya. Tanaman ini mampu merambat di atas pohon hingga ketinggian 15 meter.

Fakta Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daun sirih memiliki kandungan yang luar biasa didalamnya sehingga penggunaannya untuk kesehatan sangat penting sekali. Daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Mengunyah daun sirih bisa untuk melancarkan dahak, melancarkan ludah, mengehntikan pendarahan, mengobati mimisan, melancarkan pencernaan. Berikut beberapa penyakit yang bisa di atasi dengan dau sirih.

1. Mengobati mata merah atau kotor
Untuk mengobati mata merah dan kotor daun sirih juga bisa di andalkan. Hanya dengan meggunakan beberapa lembar daun sirih maka mata bisa dibersihkan dan di obati. Berikut caranya.
- Siapkan 4-5 helai daun sirih, kemudian rendamkan dalam 1/2 gelas air panas, tunggu hingga dingin
- Kemudian setelah dingin remas-remas daun sirih tadi hingga hancur dan saring
- Gunakan obat ini sebagai obat tetes mata 3 kali sehari dengan ukuran 2-3 tetes.

2. Mengatasi Batuk
Khasiat kesehatan dari daun sirh adalah mengobati batuk. Batuk bisa di obati dengan membuat ramuan herbal daun sirih. Caranya yaitu dengan menyediakan 5 lembar daun sirih dan satu gelas air bersih dan satu buah jeruk nipis, Berikut caranya;
- Daun sirih dicuci bersih dan diblender bersama 1 gelas air
- Selanjutnya disaring dan idberi air perasan jeruk nipis
- Minum airnya, batuk anda akan lekas sembuh.

3. Mengatasi sariawan dengan daun sirih
Manfaat daun sirih untuk mengatasi sariawan. Daun sirh sebagai daun herbal menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan hingga pada mengobati sariawan. Caranya yaitu dengan mengunyah 2 lembar daun sirih setelah dicuci bersih. Kemudian ampasnya dibuang, lakukan beberapa kali hingga sariawan anda sembuh.

4. Mengobati Bronchitis
Bronchitis adalah penyakit yang terjadi akibat dari peradangan pada bronkus atau bronkiolus. Penyakit ini bisa disebabkan oleh virus, bakteri, debu atau karena menghirup zat kimia yang terpolusi. Akibat dari hal-hal ini maka bronkus bisa ter iritasi dan kotoran yang menumpuk pada bronkus bisa mengiritasi rambut halus silia dalam bronkus sehingga tidka berfungsi sebagaimana mestinya.

Bronchitis biasanya hanya penyakit yang biasa saja dan bisa disembuhkan dengan sempurna, namun penyakit bronchitis pada beberapa orang bisa berakibat fatal seperti pada penderita jantung, paru-paru dan lansia. Penyakit ini juga harus ditangani dengan serisu agar tidka berubah menjadi TBC yang bisa menularkan ke orang lain. Bagi anda yang mengalami penyakit ini, anda bisa mencoba ramuan sederhana dibawah ini.

- Siapakan 7 lembar daun sirih
- Satu potong gula batu
- dan 2 gelas air putih

Cara membuatnya:
Daun sirih di rajang dan direbus dengan 2 gelas air
Masukkan gula batu
Masak hinggaair rebusan ini tersisa 1 gelas, dan gunakan untuk mengobati bronchitis

Cara Penggunaan:
Minum ramuan daun sirih ini sebanyak 3 kali sehari, dengan ukuran 3 sendok makan sehari. Lakukan beberapa hari.

5. Mengatasi gatal-gatal pada kulit
Khasiat daun sirh juga bisa untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa daun sirih dan tumbuk hingga halus, kemudian hasil tumbukan daun sirih di baluskan pada kulit yang gatal secara merata.

6. Mengobati Bisul
Manfaat daun sirih untuk mengatasi bisul. Bisul yang dalam bahsa latin disebut dengan abscessus adalah sekumpulan nanah (darah busuk) yang telah terakumulasi di rongga jaringan setelah terinfeksi sesuatu (biasanya bakteri atau parasit) atau barang asing seperti luka tembakan/tikaman. Jadi, bisul adalah reaksi ketahan jaringan tubuh untuk mencegahnya menyebarnya benda asing kedalam tubuh.

Bisul yang sudah pecah atau sudah mengeluarkan nanahnya, bisa di obati dengan membuat ramuan dari daun sirih. Caranya yaitu sebagai berikut:
- Ambil beberapa daun sirih
- Rebus daun sirih tahi hingga mendidih
- Selanjutnya diamkan hingga hangat
- Air hangat rebusan daun sirih ini di seka-kan pada bisul yang telah pecah. Anti biotik pada daun sirih ini akan mematikan bakteri yang ada pada luka dan nanah bisul.

7. Menghilangkan bau ketiak
Bau ketiak yang menyangat akan membuat anda tidak nyaman dan selalu merasa tidak percaya diri ketika berada di antara teman-teman anda.

Manfaat dan khasiat daun sirih salah satunya yaitu menghilangkan bau bdan taksedap seperti bau ketiak. Gunakan saja herbal alami dari daun sirih. Daun sirih bisa digunakan sebagai obat luar atau obat dalam. Obat luar yaitu air rebusan 10 lembar daun sirih, gunakan sebagai air untuk menadi atau membilas bagian yang sering berkeringat. Anda bisa juga menggosokkan daun sirih rebusan tadi pada area yang sering berkeringat seperti ketiak.

Obat dalam yaitu air rebusan daun sirih diminum secara teratur. Caranya yaitu rebus 5 lembar daun sirih bersama 2 gelas air minum. Rebus hingga air berkurang menjadi 1 gelas, dan minum 2 kali sehari.

Inilah beberapa fakta kesehatan dari khasiat daun sirih untuk tubuh. Ini adalah sebagai lanjutan dan sambungan artikel "manfaat daun sirih" pada postingan sebelumnya. Semoga membantu dan bisa di aplikasikan.
Disqus Comments