Kamis, 09 Oktober 2014

8 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Manfaat daun bawang untuk kesehatan - Daun bawang termasuk sayuran dan biasa digunakan sebagai pelengkap makanan dan masakan. Ada juga yang menjadikan daun bawang sebagai penghias masakan. Padahal daun bawang tidak hanya sebatas itu manfaatnya. Ada segudang lainnya manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh. Sebagaimana yang dilansir dari merdeka.com bahwa daun bawang ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, rambut, kulit dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Apakah manfaatnya hanya itu saja, tidak, berikut ada sekumpulan manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh yang bisa anda ketahui dan anda gunakan dalam hidup ini.
8 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

1. Sumber zat besi
Daun bawang mengandung banyak zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan hemoglobin, menjaga sel-sel darah merah dan menjaga kesehatan ikatan jaringan tubuh.

2. Menyediakan banyak serat
Daun bawang bermanfaat juga untuk kesehatan pencernaan karena kaya akan serat alami yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak daun bawang tubuh akan tercukupi serat sehingga melancarkan percernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

3. Mengandung kalium
Manfaat daun bawang tubuh juga tidak terlepas dari tingginya kadar kalium dalam daun bawang. Kalium bermanfaat untk menjaga kadar cairan tubuh, mengurangi masalah jantung, dan mencegah kram otot.

4. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat lain dari daun bawang adalah untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Ada zat yang disebut cycloaliin, zat inilah yang berperan aktif dalam menjaga jantung dari bahaya apapun. Cycloaliin berfungsi untuk mengencerkan darah dan mencegah resiko penyakit aterosklerosis pada diri seseorang.

5. Sedikit kalori
Mengkonsumsi daun bawang sebagai sayuran juga bagus untuk kesehatan karena daun ini rendah kalori.

6. Banyak megandung anti-oksidan
Quercetin dan kemferfol adalah dua jenis anti oksidan dalam daun bawang. Ini menadakan bahwa daun ini bagus untuk kesehatan kulit dan kesehatan tubuh secara umum

7. Daun bawang anti diabetes
Kandungan phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida dalam daun bawang adalah sebagai bukti bahwa daun ini anti diabetes. Kandungan zat itu bisa mencegah terjadinya degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.

8. Baik untuk cacingan
Daun bawang juga bermanfaat untuk mengobati cacingan, jadi kalau anak anda cacingan anda tidak perlu sungkan untuk memberikan daun bawang sebagai sayuran makannya.

Demikianlah beberapa manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh. Jadi daun bawang yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap sayuran ini ternyata bagus dan mendukung kesehatan tubuh manusia secara menyeluruh. So, jangan lupakan daun bawang sebagai bahan dalam makanan anda seperti ketika menggoreng telur dll.
Disqus Comments