Sabtu, 20 September 2014

Khasiat dan Manfaat Sirih Merah bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Sirih Merah bagi Kesehatan yang harus anda ketahui. Daun sirih biasanya dijaikan sebagai makanan para nenek baik dikota maupun dikampung. Namun beda halnya dengan sirih merah yang hanya digunakan untuk bahan pengobatan tradisional atau sebagai tanaman hias dalam pot bunga dipekarangan rumah. Sirih merah dibudidaya sebahagian orang karena khasiatnya yang ampuh dalam menanggulangi beberapa macam penyakit.

Sudah sejak zaman dahulu tanaman sirih merah atau yang disebut dengan Piper Crocatum dalam bahasa latinnya digunakan sebagai tanaman herbal untuk menyembuhkan masalah kesehatan. Mungkin anda baru kali ini mendengar nama sirih merah dan manfaatnya untuk kesehatan, mari sekarang kita simak apa saja manfaatnya dalam menyembuhkan penyakit.
Manfaat Sirih Merah bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Sirih Merah

  1. Mencegah gusi berdarah. Daun sirih merah bisa digunakan sebagai obat alami dalam mengobati gusi berdarah, caranya sangat sederhana yaitu dengan merebus 4 helai daun sirih merah dalam 2 gelas air putih bersih. Kemudian dinginkan dan gunakan untuk berkumur-kumur.
  2. Mencegah sariawan. Sirih merah bermanfaat juga untuk mengobati sariawan atau bibir pecah-pecah. Caranya yaitu dengan mengunyah 2 helai sirih merah. Kunyah hingga hancur dan terasa cukup, dengan cara ini maka bibir yang luka atau pecah akan berangsur sembuh.
  3. Menghilangkan bau mulut. Manfaat sirih merah untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Kalau anda sering mengunyah sirih baik yang hijau atau merah, pasti anda tahu bagaimana sensasi yang dihasilkan sirih. Dengan mengunyah sirih merah maka bau mulut yang tak sedap akan berubah dengan bau sirih. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan memeras air sirih dan kemudian meminumnya.
  4. Mengobati batuk. Untuk mengobati batuk ambil saja daun sirih merah sebanyak 15 lembar dan kemudian rebus dengan 3 gelas air minum. rebus hingga air tersisa 1/4 gelas.
  5. Menghilangkan bau badan dengan daun sirih yaitu dengan merebus 5 helai daun sirih merah dengan 2 gelas air, masak hingga tinggal 1 gelas, dan minum disiang hari.
  6. Mengurangi jerawat. Daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati jerawat diwajah atau di area lainnya. Ambil 10 lembar daun sirih dan cuci bersih. Kemudian tumbuk halus dan seduh dengan 2 gelas air hangat dan minum seperti biasa.
  7. Mengatasi luka bakar. Ambil beberapa helai daun sirih dan tumbuk halus, kemudian campur dengan sedikit madu, dan oleskan pada luka bakar.
  8. Mengatasi mimisan. Untuk mengatasi masalah mimisan ambil satu helai daun sirih muda dan gulung, kemudian sumpalkan pada hidung yang bermimisan.
  9. Mengatasi gatal-gatal. Daun sirih merah juga bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal sekujur badan. Rebus hingga 20 helai daun sirih hingga mendidih. Kemudian ambilnya dan dinginkan, selanjutnya mandi dengan air tersebut atau basuk sekujur badan dengan air rebusan tersebut.
Inilah sebagian dari sekian banyak manfaat dan khasiat dauns irih merah untuk Kesehatan tubuh. Semoga membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan tubuh. Selamat mencoba
Disqus Comments