Minggu, 21 September 2014

Manfaat dan kHasiat Daun Sirih bagi Kesehatan

Manfaat dan kHasiat Daun Sirih bagi Kesehatan yang harus diketahui banyak orang. Daun sirih di Indonesia bukan lagi hal yang aneh apalagi kalau di Aceh. Banyak orang tua dan nenek yang memakan daun sirih setiap harinya, jadi daun sirih sudah merupakan kebutuhan mereka. Sirih adalah tanaman dengan nama latin Piper Betle. Tanaman ini hidup merambat dan bersandar pada tanaman lain dengan akar-akarnya yang tumbuh pada sekujur ruas batangnya. Bentuk daun dari sirih adalah seperi jantung dengan ujungnya yang runcing. Daun sirih tumbuh secara selang seling antar satu dengan lainnya.

Sirih tidak hanya bermanfaat sebagai makanan sebahagian orang atau sebagai snack yang dimakan sesekali. Namun daun sirih menyimpan banyak manfaat kesehatan didalamnya. Adapaun manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan adalah sebagai berikut.
Manfaat dan kHasiat Daun Sirih

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih bagi Kesehatan

1. Membersihkan mata kotor
Air rebusan daun sirh bisa digunakan sebagai air untuk membersihkan mata yang kotor.

2. Menghilangkan sakit gigi dan gusi bengkak
Daun sirih juga bermanfaat untuk mengatasi masalah luka gusi atau gusi bengkak termasuk sakit gigi. Caranya yaitu dengan mengunyah daun sirih hijau secukupnya, maka gusi bengkan dan sakit gigi akan berangsur sembuh.

3. Mengobati keputihan
Selain manfaat daun sirih untuk gusi bengkak, daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati keputihan pada wanita. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan daun sirih dan sisanya membasuk bagian kewanitaan.

4. Mengatasi sariawan
Sariawan atau luka-luka bibir merupakan hal yang sederhana tetapi sangat mengganggu kegiatan. Untuk mengatasi masalah ini anda cukup mengunyah daun sirih hijau dan bisa juga dengan cara berkumur-kumur dengan air rebusan sirih hijau.

5. Mengatasi mimisan.
Daun sirih hijau bermanfaat juga mengatasi mimisan seperti manfaat daun sirih merah. Bagi anda yang mimisan atau keluar darah dari hijau maka ambil daun sirih hijau dan gulung. Sumpalkan pada lobang hidung dan mimisan anda akan berhenti.

6. Mengusir serangga
Tanaman sirih bisa digunakan untuk mengusir serangga, seperti semut, nyamuk, lalat, dan serangga lain. Ini kelebihan tanaman yang terasa pedas ini. Kalau anda ingin menghilangkan nyamuk, maka tanamkan sirih disekitar rumah anda.

7. Cairan sirih bisa menyemprot hama
Kalau anda kehabisan pestisida, anda bisa mengguna cairan daun sirih sebagai obat semprot anda. Semprotkan cairan daun sirih hijau ke hama (serangga) maka hama akan sirna dan tanaman anda akan kembali sehat dan tidka mati.

8. Mengobati demam berdarah
Obat demam berdarah yang belum anda ketahui adalah cairan rebusan daun sirih. Cairan ini diketahui bisa memamtikan kuman demam berdarah. Kalau hasil lumatan atau tumbukan daun sirih digunakan pada badan maka nyamuk demam berdarah tidak berani mengigit.

9. Mengatasi masalah haidh
Bagi wanita yang tidak teratur haidh bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirih. Air ini akan mengatur siklus haidh menjadi teratur. Sangat mudah sekali mendapatkan manfaat kesehatan dari daun sirih.

10. Mengobati luka bakar
Manfaat daun sirih juga untuk mengobati luka bakar. Luka akibat terbakar bisa disembuhkan dengan daun sirih, caranya yaitu dengan melayu daun sirih pada api hingga layu,kemudian tempelkan daun sirih pada luka bakar.

Inilah 10 manfaat dan khasiat daun sirih hijau bagi kesehatan tubuh. Dan masih banyak lagi manfaat yang tersembunyi dari daun dengan nama latin Piper Betle ini. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan manfaat bagi semuanya.
Disqus Comments