Selasa, 16 September 2014

Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan

Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan - Daun pandan adalah daun tanaman yang biasa digunakan dalam makanan atau minuman. Ketika memasak minuman biasanya orang menggunakan daun ini untuk mengharumkan bau air, seperti menggunakan daun delima pada air minum. Daun pandan mempunyai ciri-cirinya yang khas yaitu mengeluarkan bau harum kalau diremas-remas. Daun pandan biasanya terdiri dari 3 helai yang berbentuk spiral pada batangnya.
Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan
Selain sebagai rempah yang sering digunakan pada makanan dan minuman, ternyata daun pandan mempunyai khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Itulah sebabnya kami membuat blog ini untuk sharing aneka manfaat dari berbagai daun. Salah satu manfaat daun pandan yaitu menyembuhkan lemah syaraf, menghilangkan ketombe dan lain-lain. Untuk lebih jelas, berikut kami jelaskan satu persatu manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

1. Mengobati lemah syaraf
Daun pandan bermanfaat untuk menyembuhkan lemah syaraf. Caranya yaitu dengan merebus 3 helai daun pandan dengan tiga gelas air bersih hingga mendidih dan air tersisa 2 gelas. Minumlah air ini 2 kali sehari pagi dan sore.

2. Menghilangkan ketombe
Daun pandan bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Ambil 3 hingga 5 lembar daun padan dan tumbuk hingga halus, selanjutnya ambil hasil tumbukan tersebut dan oleskan pada rambut secara merata dan lakukan secara teratur.

3. Menyembuhkan rematik dan pegal linu
Anda yang sering pegal dan linu gunakan daun pandan untuk menghilangkan rasa ini pada tubuh. Caranya gampang saja yaitu dengan mengambil 3 lembar daun pandan dan merobek-robeknya, kemudian seduhkan dengan setengah cangkir minyak kelapa, diamkan hingga dingin dan gunakan sebagai minyak gosok pada pegal linu.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi
Daun pandan juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya yaitu dengan merebus dua lembar daun padan dengan dua gelas air putih. Tunggu hingga air rebusan tinggal 1 gelas. Tunggu dingin, dan minum ramuan ini secara teratur hingga tekanan darah anda normal kembali.

Demikianlah manfaat tersembunyi dari daun pandan untuk kesehatan yang mungkin belum anda ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya untuk kesehatan, seperti menghitamkan rambut secara alami. Manfaat manfaat lain dari daun pandan akan kita jelaskan pada kesempatan lain.
Disqus Comments