Selasa, 16 September 2014

Manfaat dan Khasiat Daun, Buah Jambu Biji

Manfaat dan khasiat jambu biji untuk kesehatan. Jambu biji adalah tanaman yang sering kita lihat tumbuh dihalaman rumah tanpa ditanam. Jambu biji mempunyai buahnya yang enak dan manis kalau sudah matang serta renyah. Jambu biji mempunyai banyak variannya, ada yang dagingnya berwarna merah, ada yang putih. Begitu juga bentuk buahnya ada yang memanjang dan lancip serta ada yang bulat. Kita sering mengkonsumsi buah ini, tetapi mungkin kita belum tahu apa manfaat dan khasiat buah dan daun jambu biji.
Manfaat dan Khasiat Daun, Buah Jambu Biji
Jambu biji mengandung banyak zat gizi serta vitamin. Vitamin yang menonjol dari jambu biji adalah vitamin C. Kadarnya bisa dua kali lipat dari jumlah vitmian C yang ada pada jeruk manis, karena dalam 100 gram jeruk manis hanya mengandung 49 g vitamin C. Vitamin C dalam jambu biji terutama terletak pada daging buahnya yang dekat dengan kulit luar serta pada diri kulit luarnya. Lantas, apa saja manfaat dan khasiat buah, daun jambu biji. Berikut penjelasannya untuk anda.

Manfaat dan Khasiat Buah dan Daun Jambu Biji

1. Manfaat jambu biji untuk jantung dan kanker
Jambu biji ternyata bermanfaat juga untuk anti kanker, seperti manfaat yang ada pada daun sirsak. Selain untuk kanker, jambu biji juga bermanfaat untuk menguatkan jantung. caranya yaitu dengan mencampur 400 ml jus apel, 200 ml jus jambu biji, jus melon 200 ml, dan madu murni 100 cc. Kemudian semua bahan ini dicampur jadi satu. Selanjutnya disimpan dalam lemari pendingin. Konsumsilah jus campuran ini sehari dua kali saja yaitu pagi dan sore, masing-masing sebanyak 300 cc.

2. Mengobati demam berdarah (DBD)
Untuk mengobati demam berdarah juslah 3 buah jambu biji yang matang, dan minum jus ini sehari dua kali pagi dan sore, Disamping itu juga konsumsi buah jambu biji yang mengkal secara langsung, tapi ingat, biji buahnya tidak perlu dimakan.

3. Mengobati Diare
Diare terkadang sangat mengganggu, karena saja membuat seseorang berak bukan pada tempatnya. Diare bisa disembuhkan dengan daun jambu biji. Caranya yaitu ambil 30 gram daun jambu biji dan 1 genggam beras. Kemudian rebus dengan 1-2 gelas air. Minum rebusan ini dua kali dalam sehari.

Bisa juga menggunakan manfaat daun jambu biji sebanyak 3 lembar, dan dikunyah beserta dengan gram dan ditelan. Lakukan dua kali sehari.

4. Mengobait maag
Manfaat dan khasiat jambu biji juga dirasakan oleh orang yang sakit maag. Untuk mengobati sakit maag, cukup ambil 8 helai daun jambu biji dan direbus dengan air 1.5 liter. Minum air rebusan tadi dengan dosis 3 kali sehari.

5. Keputihan
Anda yang sering keputihan juga bisa memanfaatkan daun jambu biji. Tetapi dicampur dengan daun sirih. Caranya yaitu dengan merebus 2 genggam daun jambu biji dan 7 helai daun sirih. Direbus dengan air sebanyak 1 gelas dan diminum dua kali sehari. Insya Allah keputihan akan cepat hilang.

Inilah diantara manfaat dan khasiat daun dan buah jambu biji yang pohonnya sering diperdapatkan dihalaman rumah kita. Semoga dengan pengetahuan ini kita bisa mencobanya untuk kesehatan kita. Selamat mencoba
Disqus Comments