Rabu, 24 September 2014

Manfaat dan Khasiat Daun Katuk bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Katuk bagi Kesehatan Tubuh. Daun katuk sangat populer sebagai daun obatv tradisional yang bermanfaat untuk memperbanak ASI ibu menyusui. Sebenarnya daun katuk tidak hanya menjadi teman baik bagi ibu menyusui melainkan sangat bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan lainnya. Daun katuk biasanya dimasak dengan cara dibuat kuah bening, dan rasanya sangat lezat. Anda bisa menanam tanaman katuk dengan mudah, bahkan sebahagian orang menjadikan tanaman katuk sebagai tanaman pagar.

Lantas kenapa daun katuk sangat bermanfaat untuk kesehatan? Ternyata karena daun ini mengandung banyak sekali zat gizi dan nutrisi penting didalamnya. Adapun kandungan dalam daun katuk adalah kalori, protein, karbohidrat, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Selain itu daun katuk juga mengandung tanin, saponin, flavonoid, dan alkaloid papaverin sehingga bahan ini sangat bagus untuk kesehatan. Mari kita lihat dibawah ini apa saja manfaat dibalik daun katuk.

Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

1. Melancarkan Asi ibu menyusui
Daun katuk dikenal sebagai dan yang sangat besar khasiatnya untuk kesehatan dan salah satunya yatu melancarkan ASI. Caranya yaitu dengan merebus daun katuk dan mengkonsumsinya seperti mengkonsumsi sayuran, ini karena daun katuk mengandung asam seskuiterna didalamnya.

2. Menyehatkan mata
Selain sebagai pelancar ASI, daun katuk juga berkhasiat untuk menyehatkan mata dan menghindari mata dari berbagai masalah kesehatan seperti rabun, dan penyakit mata lainnya. Ini disebabkan dalam daun katu mengandung sejumlah vitamin A yang sangat dibutuhkan mata.

3. Mengatasi Anemia
Penyakit anemia atau kurang darah bisa di atasi dengan daun katuk. Kandungan zat besi sangat banyak dalam daun katuk, dalam 100 grm daun katuk terdapat 2,7 miligram zat besi, sementara kalsium dalam daun katuk lebih banyak 4 kali ketimbang kalsium dalam daun kol.

4. Mengandung klorofil
Manfaat daun katuk selanjutnya bagi kesehatan adalah untuk menjaga jaringan tubuh, karena mengandung klorofil didalamnya. Klorofil bermanfaat untuk membersihkan jaringan tubuh, mengatasi parasite, bakteri, virus dan sebagai tempat pembuangan sisa metabolisme tubuh. Dalam daun katuk jumlah klorofil adalah yang terbanyak ketimbang dalam daun yang lain.

5. Mengandung kolagen
Dalam daun katuk juga mengandung kolagen. Jadi manfaat dan khasiat daun katuk bertambah lagi yaitu sebagai pengangkut lemak tubuh, meningkatkan immune tubuh, menyehatkan gusi, meningkatkan fungsi otak, mengendalikan kolesterol dalam darah dan mampu menyembuhkan luka dengan cepat.

Bagaimana, apakah anda tertarik makan daun katuk? Semoga saja manfaat daun katuk untuk kesehatan bisa diketahui banyak orang dan mulai membudidaya tanaman obat-obatan keluarga, sehingga hidup sehat menjadi hal yang mudah. Bacajuga: Manfaat daun sambiloto bagi kesehatan.

Sumber: manfaat daun katuk
Disqus Comments