Rabu, 15 Oktober 2014

Manfaat dan Khasiat Daun Sendok bagi Kesehatan

Khasiat daun sendok bagi kesehatan - Daun sendok dalam bahasa latin disebut dengan Plantago Mayor L, dikatakan daun sendok karena memang bentuknya cekung seperti sendok. Daun sendok termasuk dalam tanaman liar dan merupakan gulma yang sering diberantas petani. Biasanya tumbuh di perkebunan karet, teh dan lain. Tanaman sendok tumbuh di daerah lembab ditaran rendah hingga ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini terkadang juga diperdapatkan di halaman rumah yang suasananya lembab.

Daun sendok ternyata sudah sejak zaman dahulu dikenal sebagai tanaman herbal, di anglo sexon tanaman ini bahkan dianggap sebagai tanaman sakral. Tumbuh dengan tangkai panjang dari sreset akarnya, berdaun bundar dan bulat telur dengan pinggirnya yang bergerigi tidak teratur, permukaan daun halus dan sedikit berbulu.
Khasiat Daun Sendok bagi Kesehatan

KHasiat Daun Sendok bagi Kesehatan

Khasiat daun sendok bagi kesehatan sangat luas sekali, tidak hanya daun, tetapi juga bijinya dan akarnya juga dimanfaatkan sebagai herbal pengobatan berbagai keluhan kesehatan. Beberapa manfaat daun sendok adalah:

1. Mengobati mimisan
Untuk emngobati mimisan dengan daun sendok, ambil 15 gram daun sendok dan pipiskan, kemudian seduh dengan secangkir air panas. Tunggu dingin atau hangat, minum sekaligus.

2. Mengobati kencing berdarah
Manfaat daun sendok untuk mengobati kencing berdarah. Bagi anda yang menderita masalah saluran pencernaan atau ekskresi ini anda bisa menggunakan herbal daun sendok. Caranya yaitu ambil secukupnya daun sendok dan cuci bersih. Kemudian tumbuk hingga halus dan ambil air perasannya. Kumpulkan air perasan daun sendok sebanyak 1 gelas, dan minum sekaligus sebelum makan.

3. Mengobati batuk sesak dan batuk berdarah
Manfaat dan khasiat daun sendok untuk batuk berdarah. Ambil daun sendok sebanyak 60 gram dan air (kira-kira terendam), selanjutnya masukkan 30 gram gula merah dan rebus hingga mendidih (kira 15 menit), tunggu hangat dan minum.

4. Mengobati basiler dan disentri
Khasiat daun sendok untuk disentri. Ambil 30 gram daun sendok dan rebus dengan dua gelas air bersih. sisakan air rebusan menjadi 1 gelas. Diamkan hingga dingin dan minum dua kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Demikianlah beberapa khasiat daun sendok untuk kesehatan yang jarang diketahui orang. Bagi anda yang tahu manfaat daun ini, sebaiknya tanam tanaman liar ini di sudut kebun anda, siapa tahu suatu saat anda membutuhkannya.

Lihat juga manfaat daun sukun bagi kesehatan
Disqus Comments