Senin, 22 September 2014

Khasiat dan Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan

Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan - Daun binahong adalah salah satu daun yang bagus dalam pengobatan herbal untuk berbagai penyakit. Di China daun binahong sudah digunakan sejak lama sebagai ramuan herbal dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Di Indonesia juga sudah mulai ditanaman tanaman ini. Ada yang menanamnya sebagai tanaman obat dan ada juga yang menanamnya sebagai tanaman hias dipekarangan rumah dalam pot bunga.

Ada banyak kandungan dalam daun binahong, sehingga daun ini demikian bermanfaat untuk kesehatan. Di antara kandungan yang ada dalam daun binahong adalah Antioksidan, Asam Arkobat, Total fenol, Protein tinggi. Tanaman binohang memiliki nama latin Anredera Cordifolia. Tumbuh pada tempat teduh yang tidak begitu terkena sinar matahari. Bisa tumbuh baik pada dataran tinggi atau dataran rendah, jadi sangat mudah membudidayakan tanaman ini.
Khasiat dan Manfaat Daun Binahong
daun bonahong
Penanaman tanaman binahong membutuhkan tempat sandarannya, karena tanaman ini tumbuh dengan merambat, bagus untuk tanaman hias pada pagar atau di atas gerbang. OK, lantas apa saja manfaat daun binahong bagi kesehatan. Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan Tubuh

1. Bermanfaat sebagai obat luka
Untuk engobati luka dengan daun binahong, cukup ambil beberapa lembar daun, kemudian diremas-remas hingga mengeluarkan cairan dan kemudian tempelkan pada luka. Maka luka akan cepat kering.

2. Obat Ambeien
Bagi penderita ambeien bisa memanfaatkan daun binahong sebagai obat tradisional. Cara mengobati ambeien adalah dengan merebus 16 lembar daun binahong dengan 3 gelas air putih bersih. Sisakan air 2 gelas, dan minum setelah dingin.
Khasiat dan Manfaat Daun Binahong
3. Daun binahong sebagai obat batuk
Untuk mengobati batuk, ambil daun binahong 10 lembar dan direbus dengan 2 gelas air. Rebus hingga air tersisa 1 gelas dan minum sekali sehari.

4. Obat disentri
Bagi penderita disentri juga bisa menafaatkan daun binahong untuk mengobatinya. Cara membuat ramuan sama seperti cara membuat untuk mengobati batuk di atas.

Inilah beberapa manfaat daun binahong bagi kesehatan yang jarang diketahui. Bagi sebahagian daerah daun ini masih belum diketahui mengingat namannya berasal dari bahasa korea.
Disqus Comments